Minggu, 06 Agustus 2017

"AL-QUR'ANUL KARIIM"

bismillah.
assalamu'alaikum warahmatullahi wabaarakaatuh.

puji syukur atas kehadiran Allah ta'ala yang maha kaya akan nikmat-nikmatNya,yang maha pengasih kepada setiap hambaNya yang tiada henti mengadahkan tangan meminta padaNya.shalawat dan salam semoga senang tiasa tercurahkan kepada nabi yang termulia yaitu nabi besar Muhammad shalallahu'alaihi wassallam,yang karena beliau kita bisa merasakan nikmatnya iman pada saat ini,juga untuk para sahabat dan orang-orang yang selalu menapaki sunnah beliau hingga yaumil qiyamah kelak.aamiin.

ikhwah jami'an yang semoga selalu dalam limpahan rahmat dan berkah Allah ta'ala.

Definisi Al-Qur'an :

sebagaina dikutip dari sebuah kitab 'Alqiraa-aat  Ahkaamuha  wa  mushdaruhaa' (Hal:11) karya DR.Sya'ban Muhammad Ismail,.

" Al-qur'an adalah kalamullah Subhanahu wa ta'ala,sebagai mukjizat,yang diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul,Muhammad shalallahu'alaihi wassallam dengan perantara Jibril 'alaihissalam yang termaktub dalam mushaf-mushaf,yang dinukil kepada kita secara mutawatir,membacanya sebagai ibadah,yang dimulai dengan surat Al-Fatihah yang ditutup dengan surah an-naas".

Fungsi Al-Qur'an :

1. Al-Qur'an adalah kitab yang diturunkan kepada manusia sebagai nasihat,obat,petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.Allah ta'ala berfirman :

" wahai manusia!sungguh,telah datang padamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Rabbmu,penyembuh dari penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman".(QS. Yunus 10:57)

2. Al-Qur'an adalah kitab yang diturunkan sebagai pembimbing manusia menuju jalan keselamatan,mengeluarkan mereka dari jalan kegelapan kepada cahaya dan petunjuk,serta membimbing mereka menuju jalan yang lurus.Allah ta'ala berfirman :

" sungguh,telah datang kepadamu cahaya dari allah,dan kitab yang menjelaskan. Dengan kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridhaanNya kejalan keselamatan,dan dengan kitab itu pula Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izinNya,dan menunjukkan kepadanya jalan yang lurus."(QS. .Al-maidah 5:15-16)

Kedudukan dan keutamaan Al-Qur'an :

1. Al-Qura'an adalah kitab yang mulia,yang tidak ada kebathilan padanya.Allah berfirman :

"... dan sesungguhnya Alqur'an itu adalah kita yang mulia,tidak ada didatangi oleh kebathilan baik dari depan maupun dari belakang(pada masa lalu maupun yang akan datang),yang diturunkan dari Rabb yang hama bijaksana,maha terpuji."(QS. Fushshilat 41:41-42)

2. Al-Qur'an adalah kalamullah,tidak ada yang dapat menandinginya.Allah berfirman :

" siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah?"(QS. anNisaa 4:87)

3. Al-Qur'an adalah kitab yang memiliki kedudukan yang sangat tinggi,diturunkan oleh Allah yang maha tinggi.Allah berfirman :

" diturunkan oleh allah yang menciptakan bumi dan langit yang tinggi."(QS. thaha 20:4)

4. Al-Qur'an adalah mukjizat Nabi Muhammad yang terbesar.Beliau shalallahu'alaihi wassalam bersabda :

" tidak seorang nabi pun kecuali ia diberi tanda-tanda kenabian (mikjizat) yang dengannya manusia beriman.adapun mukjizat yang dianugrahkan kepadaku berupa wahyu yang Allah wahyukan kepadaku,dan kelak aku berharap memiliki pengikut yang paling banyak pada hari kiamat."(HR. bukhari dari abu hurairah)

Sifat-sifat Al-Qur'an :

1. Al-Qur'an  kitab yang agung.

" dan sungguh kami telah memberikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Qur'an yang agung."(QS. Al-hijr 15:87)

2. Al-Qur'an kitab yang penuh hikmah.

" ya sin.demi al-Qur'an yang penuh hikmah."(QS. yasin 36:1-2)

3. Al-Qur'an kitab yang jelas.

" Al-Qur'an itu tidak lain hanyalah pelajaran dan kitab yang jelas."(QS. yasin 36:69)

4. Al-Qur'an kitab yang mulia.

" Qaf.demi al-Qur'an yang mulia."(QS. Qaf 50:1)

" dan sesungguhnya al-Qur'an yang sangat mulia."(QS. al-Waqi'ah 56:77)


ikhwah jami'an rahimahullah

syaikh Muhammad bin shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata :

" sesungguhnya al-Qur'an diturunkan untuk tiga perkara:
- untuk ta'abbud (ibadah)
- tilawah (dibaca)
-  untuk dipahami dan diamalkan.
(syarh muqaddimah fi 'ushulit tafsir. hal:8)


wallahu ta'ala a'lam bishshawaab.
semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita tentang al-Qur'anul karim.


wassalamu'alaikum warahmatullahi wabaarakaatuh.




sumber : kitab tajwid lengkap asy-syafi'i ust.abu ya'lakurnaedi Lc






Tidak ada komentar:

Posting Komentar